• PENYEBAB STEER EPS BERAT SETELAH DI SERVIS

     Untuk kasus kerusakan pada bagian rack steer EPS sudah banyak terjadi di mobil-mobil jaman sekarang ini, sudah banyak saya jelaskan di artikel sebelumnya penyebab kerusakan pada bagian rack steer eps ini adalah faktor pemakaian, kondisi jalan, sering terkena banjir, dan usia. Tanda-tanda kerusakan yang sering di alami oleh pengendara adalah timbulnya bunyi klutuk-klutuk jika mobil melewati jalan ga rata atau jalan berlubang.
     Kali ini saya akan menjelaskan tentang rack steer eps yang sudah di servis tapi hasilnya malah steer jadi berat ketika belok atau kaku. Kasus seperti ini bisa di bilang sering terjadi di bengkel kami juga, steer jadi agak berat setelah di servis atau di perbaiki memang wajar karena bushing rack bisa di bilang belum ngeplak biasanya dalam jangka waktu 1 atau 2 minggu paling lama satu bulan akan kembali normal tapi dengan catatan 'as rack dan pinion pada rack steer belum kemakan', di bengkel kami biasanya sebelum perbaikan atau ketika melakukan pengecekan kerusakan pada rack steer montir akan memberi tahu pemilik kendaraan tingkat kerusakan dan menjelaskan hasil perbaikannya. Jika pada bagian as dan pinion rack sudah kemakan parah hasil servis gak akan maksimal biasanya steer agak berat atau kaku, dan bunyi gak akan hilang 100%, berikut gambar as rack dan pinion yang sudah kemakan:

    as rack dan pinion yang kemakan/karat

     Penyebab as dan pinion kemakan ini adalah ketika rack steer rusak atau bushing nya oblak pemilik kendaraan membiarkan kerusakan tersebut dalam jangka waktu lama sehingga besi beradu besi karena bushing penahan as nya oblak, jika sudah seperti ini mau tidak mau harus ganti baru satu set kalau mau normal lagi. Saran dari saya segera cek kaki-kaki mobil anda jika terasa kurang nyaman terutama untuk mobil yang sudah menggunakan rack steer eps!, bisa juga datang ke bengkel kami yang menangani khusus di bagian kaki-kaki mobil. TERIMAKASIH SEMOGA BERMANFA'AT
      





  • 0 komentar:

    Posting Komentar